Senin, 14 Februari 2011

Jaringan dilihat dari media penghubungnya (materi kelas 9)


Kabel twisted pair pertama digunakan pertama kali pada tahun 1881 oleh perusahaan telkom bell. Pada awal 1900 semua jaringan telepon di Amerika menggunakan twisted pair. Salah satu kabel twisted pair adalah UTP atau unshileded twisted pair. Unshielded berarti dalam kabel ini tidak terdapat shield/pelindung yang membuat tingkat fleksibilitas yang tinggi dan juga daya tahanya lebih kuat.

Kabel UTP merupakan kabel berbahan dasar tembaga yang paling umum digunakan dalam membangun jaringan local (LAN) dan jaringan yang menggunakan teknologi Ethernet (Apa itu Ethernet? tunggu artikel saya berikutnya :D ).

Adapun keuntungan menggunakan kabel UTP adalah:
1. Tipis, lebih tipis dari pada kabel Coaxial sehingga mudah dibentangkan dan ditempelkan ke tembok.
2. Karena ukurannya yang relatif "kecil", UTP tidak mudah memenuhi tempat pengkabelan.
3. Harganya relatif "murah" jika dibandingkan dengan kabel LAN yang lainnya.

Sebenarnya kabel UTP terdiri dari beberapa kategori namun kabel UTP yang biasa dipakai dalam jaringan lokal (LAN) adalah kabel UTP kategori 5 (cat-5). Dimana kabel UTP cat-5 ini memiliki kecepatan transfer data dan suara sebesar 100 Mbps dan sudah distandardisasi oleh Electronic Industries Alliance (EIA) dan Telecommunication Industry Association (TIA) yang dapat mendukung jaringan Ethernet (10BaseT), Fast Ethernet (100BaseT), hingga Gigabit Etheret (1000BaseT).

Read more: http://bleckurant.blogspot.com/2010/01/media-penghubung-dalam-jaringan.html#ixzz1DzoM8V00

Tidak ada komentar:

Posting Komentar