Rabu, 05 Januari 2011

WINDOWS

WINDOWS

Windows adalah salah satu sistem operasi andalan Microsoft yang banyak dipakai saat ini, karena mempunyai banyak feature yang mampu memanjakan pemakainya dengan kata lain semakin tinggi versi dari Windows semakin banyak kemudahan yang ditawarkannya. Perkembangan Windows dimulai dari Windows versi 3, Windows 95, Windows 97, Windows ’98, Windows 2000 dan sewaktu buku ini disusun, pihak Microsoft telah meluncurkan Windows terbarunya dengan nama Windows XP (experience). Pada bulan Februari tahun 2000 yang lalu, setelah Microsoft meluncurkan Windows 2000 versi beta (versi percobaan), akhirnya Microsoft Windows 2000 (final) diluncurkan dalam dua versi, yaitu Windows 2000 Profesional dan Windows 2000 Server.
Pada tahun 2002 Windows XP pun diluncurkan, XP Home Edition dan Profesional Edition. Kita akan mempelajari Windows secara umum, bukan spesifik untuk satu jenis tertentu saja. Karena sebenarnya semua sistem operasi Windows itu intinya sama. Mulai Windows 2000 adalah Windows dibangun atas Teknologi NT (Network Technology). Lebih tepatnya gabungan Windows 98 dengan Windows NT. Karena Microsoft sudah memandang jauh kedepan bahwa teknologi masa mendatang adalah teknologi network (jaringan), seperti LAN, WAN dan lain-lain. Salah satu contoh tampilan GUI Desktop Windows (XP) adalah seperti berikut ini: Desktop adalah tampilan Windows secara umum pada saat pertama kali dijalankan. Di dalam desktop Windows dapat terdiri dari berbagai macam hal seperti berikut ini:

Wallpaper
Wallpaper adalah gambar yang menempel diatas desktop. Windows menyediakan berbagai macam wallpaper bawaan sehingga kita dapat mengubahnya dengan mudah dan cepat. Format gambar yang didukung untuk membuat wallpaper adalah format file BMP (Bitmap).

Start Menu
Adalah tombol Start yang berisi berbagai macam program yang telah kita install, menu-menu lain yang dapat diakses oleh pengguna (user), seperti misalnya mendengarkan musik, menjalankan program editor teks dan lain-lain.

Wallpaper
Icon
Quick Launch
Window Application
Tray Bar
Start Menu
Desktop

Quick Launch
Adalah bagian bawah sebelah kiri, sebelah kanan start yang berisi icon-icon untuk shortcut shorcut program yang telah kita definisikan. Shortcut adalah cara cepat untuk menjalankan program/data yang disimpan pada suatu direktori tertentu. Shortcut berisi path menuju ke data/program yang dimaksud dan disimbolkan oleh icon tertentu.

Icon
Icon Program adalah gambar-gambar kecil yang menempel diatas desktop yang diikuti dengan identitasnya. Tujuan dari icon ini adalah untuk memudahkan dalam mengaktifkan suatu program aplikasi. Icon ini dapat kita tambah dan kurangi sesuai dengan kebutuhan kita. Kalau terlalu banyak icon pada desktop akan mengurangi keindahan dari desktop itu sendiri. Defaul dari icon program ini terdiri dari ;
1. Icon My Computer, icon ini berfungsi dalam pengelolaan file dan folder pada windows. Sering digunakan dalam proses perintah internal windows seperti perintah copy, format, delete, cut dll. Khusus untuk icon ini akan kita bahas dalam sub menu tersendiri.
2. My Document, merupakan suatu folder standar pada windows, dimana semua data kita secara otomatis akan disimpan pada folder ini jika kita tidak menspesifikan tempatnya pada saat penyimpanan. Dengan adanya icon ini kita dapat langsung mengakses folder ini dengan cepat. Internet Explorer, icon ini berfungsi untuk mengaktifkan software internet explorer. Internet explorer adalah software yang berfungsi untuk menjelajahi dunia maya internet. Kalau komputer kita tidak terhubung ke internet, maka software ini tidak berfungsi sebagaimana mestinya.
3. Recycle Bin, adalah tong sampahnya windows 2000, dimana setiap kali terjadi penghapusan file, file-file tersebut belum benar-benar dihapus, tetapi masih di simpan di recycle bin ini. Oleh karena itu, file yang Kita hapus (termasuk file yang terhapus tanpa sengaja) masih bisa dikembalikan sepanjang recycle bin belum dibersihkan. Tandanya recycle bin berisi file yang dihapus, tong tersebut penuh dengan kertas
(walaupun didalamnya cuma satu file), seperti dalam gambar diatas. Dan tidak ada kertas jika tong tersebut kosong.
4. My Briefcase, berfungsi untuk mengelola file-file, jika kita bekerja pada komputer yang berbeda. Misalnya kita ingin melanjutkan tugas yang kita buat dilaboratorium komputer dengan komputer dirumah, agar file-file ini terorganisasi dengan baik gunakan program paket ini.
5. Microsoft Outlook, merupakan icon yang berfungsi dalam pengelolaan e-mail jika komputer terhubung ke internet. Dengan software Outlook ini, kita dapat membuka email secara massal dan memudahkan kita dapat melihat e-mail sekaligus. Microsoft Outlook mampu menyimpan alamat e-mail rekanan kita secara terorganisasi dengan baik.
6. Banyak icon-icon lain yang ada pada layar desktop, tapi hal tergantung keperluan masing-masing individu. Seperti pada layar desktop diatas terdapat icon yang bernama Winzip, Winamp dan McAfee dll.

Taskbar
Taskbar adalah batang panjang yang terdapat paling bawah desktop. Kita dapat memindahkan taskbar kebagian atas, samping kanan dan kiri desktop sesuai dengan keinginan kita. Pada taskbar ini terdapat program yang kita minimize-kan, icon-icon lainnya seperti icon pengaturan volume dan jam yang aktif.
Beberapa istilah:
Maximize : kegiatan atau tanda kecil yang ada pojok kanan atas setiap window yang berada ditengah (tanda kotak). Kegiatan yang dimaksud adalah kegiatan memperbesar tampilan window selebar ukuran resolusi layar monitor.
Minimize : kegiatan atau tanda kecil yang ada pojok kanan atas setiap window yang berada dipaling kiri (tanda _ ). Kegiatan yang dimaksud adalah kegiatan memperkecil tampilan window sehingga window yang tadi terbuka masuk ke taskbar.
Close : kegiatan atau tanda kecil yang ada pojok kanan atas setiap window yang berada paling kanan (tanda X). Kegiatan yang dimaksud adalah kegiatan menutup jendela yang sedang aktif sekarang. Cara keluar/mematikan, restart, standby, logoff dan hibernate (khusus NT/XP/2000) Windows.
Cara shutdown adalah dengan mengklik tombol start lalu pilih menu Turn Off Computer, kemudian pilih/tekan Shutdown.
Cara restart adalah dengan mengklik start, Turn Off Computer, kemudian pilih/tekan Restart. Maka komputer akan dimatikan dan kemudian menyala lagi dengan sendirinya.
Cara Logoff sama dengan cara-cara sebelumnya, hanya logoff digunakan untuk berpindah antar user yang memakai komputer.
Cara standby adalah sama dengan cara-cara sebelumnya, hanya standby adalah membiarkan komputer dalam keadaan siaga namun tidak melakukan aktifitas apapun. Namun sistem tidak dimatikan sama sekali.
Cara hibernate adalah sama dengan cara-cara diatas, hanya hibernate adalah kegiatan menyimpan state/kondisi akhir sistem Windows kita ke harddisk dan dicatat oleh sistem sehingga pada saat kita menghidupkan kembali sistem maka kondisi terakhir akan tetap sama dengan seperti sebelum dihibernate. Semoga program yang jalan tidak akan dimatikan namun hanya disimpan sementara. Hibernate hanya ada di sistem Windows XP saja.

Folder
Folder dalam sistem operasi Windows adalah sama saja artinya dengan direktori pada sistem operasi DOS. Folder dianggap suatu tempat bagi folder-folder lain atau file-file lainnya agar dapat diatur secara rapi. Folder disimbolkan seperti map dokumen.
Tips folder:
• Untuk membuat folder : klik sembarang tempat kosong pada area tertentu atau pada program Windows Explorer pada tempat tertentu. Klik kanan mouse dan pilih menu New -> Folder.
• Kemudian ketikkan nama folder yang diinginkan.
• Untuk membukanya, silahkan klik dua kali (double click) folder tersebut.
• Untuk menghapus folder silahkan pilih folder dan klik icon delete atau klik kanan delete atau tekan tombol keybord ‘DEL’. Secara otomatis folder tersebut akan masuk ke Recycle Bin. Untuk mencegah agar penghapusan tidak masuk ke recycle bin tapi langsung hilang untuk selamanya, silahkan tekan tombol
SHIFT dan DEL bersamaan di keyboard. Hati-hati karena data tidak akan dapat dikembalikan lagi.
• Untuk mengganti nama folder, klik folder yang dimaksud, double click pelan pada folder, dan silahkan ganti nama folder dengan nama baru. Atau klik kanan, pilih rename.
• Cara mengkopi folder, klik kanan folder terpilih, pilih copy dan pilih tempat untuk mengkopikan folder tadi, klik kanan, pilih paste. Atau tekan CTRL+C untuk copy dan CTRL+V untuk paste.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar