Kamis, 30 Desember 2010

Pengatur perangkat komputer di tempat kerja

Mengoperasikan komputer dengan menerapkan prinsipprinsip ergonomi merupakan cara yang tepat dalam menghindari ketidaknyamanan. Ketidaknyamanan ini pada akhirnya akan menimbulkan gangguan kesehatan. Berikut ini panduan cara kerja dan pengaturan tempat maupun perangkat kerja yang akan menghindarkan dari ketidaknyamanan mengoperasikan komp
Tempat Kerja
Bagaimana mengatur elemen atau komponen tempat kerja sehingga sesuai dengan kebutuhan merupakan faktor paling penting untuk mendapatkan kondisi kerja yang nyaman. Pikirkan dan tentukan bagaimana layout dan posisi terbaik perangkat kerja yang diperlukan. Bagaimana memanfaatkan tempat kerja secara efektif. Langkah ini akan dapat menghemat waktu dan tenaga dalam menyelesaikan pekerjaan.
Pastikan bahwa:

 Cukup tempat di meja untuk menata posisi yang paling nyaman untuk CPU, monitor, keyboard, mouse, printer, penyangga buku, dan piranti lain
 Atur meja dengan mempertimbangkan bagaiamana perangkat itu akan digunakan. Perangkat paling sering digunakan seperti mouse, tempatkan di posisi paling mudah dijangkau.
 Atur pencahayaan ruang kerja secara optimal. Cahaya terlalu kuat mengakibatkan tampilan monitor tidak tajam. Cahaya rendah potensi menyebabkan gangguan pada mata. Hindari lampu yang menyorot langsung ke monitor karena akan memunculkan pantulan di layar. Usahakan posisi sejajar terhadap jendela, jangan berhadapan atau membelaka.
 Buku, laporan, atau bahan cetakan yang diperlukan dalam bekerja sebaiknya diletakkan di dekat monitor. Bisa di bawah atau disampingnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar