Kamis, 30 Desember 2010

Pengertian dan tujuan operating system (materi kelas 7)

Sistem Operasi adalah software pada lapisan pertama yang ditempatkan pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi. Sistem Operasi adalah penghubung antara lapisan hardware dan lapisan software.


Pengertian Sistem Operasi dapat dilihat dari berbagai sudut pandang, yaitu :

Dari sudut pandang pengguna
Sistem operasi adalah alat untuk mempermudah penggunaan computer. System Operasi seharusnya dirancang dengan mengutamakan kemudahan penggunaan, dibandingkan mengutamakan kinerja ataupun utilisasi sumber daya. Sebaliknya dalam lingkungan berpengguna banyak (multiuser), sistem operasi dapat dipandang sebagai alat untuk memaksimalkan penggunaan sumber daya komputer. Tetapi pada sejumlah komputer, sudut pandang pengguna dapat dikatakan hanya sedikit atau ada sama sekali.

Dari sudut pandang sistem
Sistem operasi dapat dianggap sebagai alat yang menempatkan sumber daya secara efisien (resource allocator). Sistem Operasi adalah manajer bagi sumber daya, yang menangani konflik permintaan sumber daya secara efisien. Sistem operasi juga mengatur eksekusi aplikasi dan operasi dari aalt I/O (masukan/keluaran). Fungsi ini dikenal juga sebagai program pengendali. Lebih jauh lagi, sistem operasi merupakan suatu bagian program yang berjalan setiap saat yang dikenal dengan istilah “kernel”

Dari sudut pandang tujuan
Sistem operasi dapat dipandang sebagai alat yang membuat computer lebih nyaman digunakan untuk menjalankan aplikasi dan menyelesaikan masalah pengguna. Tujuan lain sistem operasi adalah membuat penggunaan sumber daya komputer menjadi efisien.

Sistem operasi didefinisikan sebagai sebuah program yang mengatur perangkat keras computer, dengan menyediakan landasan untuk aplikasi yang berada di atasnya, serta bertindak sebagai penghubung antara para pengguna dengan perangkat keras. Sistem operasi bertugas untuk mengendalikan serta mengkoordinasikan penggunaan perangkat keras untuk berbagai program aplikasi bagi bermacam-macam pengguna

Tidak ada komentar:

Posting Komentar