Kamis, 30 Desember 2010

Pengatur perangkat komputer (mouse)

Mouse

Tempatkan mouse dekat dan di permukaan yang sama dengan keyboard, sehingga dapat diraih dan digunakan tanpa harus meregangkan tangan ke posisi yang berbeda.
Pegang mouse secara ringan dan klik dengan tegas. Gerakkan mouse dengan lengan, jangan hanya dengan pergelangan. Jangan tumpukan pergelangan atau lengan bagian depan di meja ketika menggerakkan mouse .
Untuk jenis rolling-ball mouse, bersihkan secara periodik karena mouse yang kotor akan mengganggu pergerakan kursor dan menyebabkan pergelangan tangan menjadi tegang.
Pertimbangkan untuk menggunakan scroll-point mouse, sehingga gerakan scrolling di layar dapat lebih mudah dilakukan.
Gunakan optical mouse untuk memperoleh gerakan kursor yang lebih presisi. Pekerjaan di bidang CAD/grafis sebaiknya menggunakan mouse jenis ini. Usaha untuk mengarahkan kursor secara presisi akan cenderung meningkatkan ketegangan di otot lengan dan bahu.

Peralatan input non keyboard harus dipilih berdasarkan pada pekerjaan dan yang memberikan kenyamanan, sikap netral. Bayangkan, sebuah garis digambar melalui pusat pergelangan tangan. Garis ini harus paralel dengan lantai. memeragakan perluasan pergelangan tangan yang tidak diinginkan. ini memeragakan sikap pergelangan yang baik dalam menggunakan mouse, trackball dan touchpad. Peralatan input harus dilokasikan segera di sebelah kanan atau kiri keyboard, pada ketinggian yang sama dengan keyboard dan masih dalam jangkauan yang dekat seperti keyboard.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar